SOIL TREASURE 2014

Jadi, beberapa hari yang lalu, aku mengikuti rangkaian acara puncak penerimaan anggota muda HIMATAN SOIL TREASURE 2014. Acara ini wajib diikuti peserta agar diterima sebagai anggota muda di HIMATAN.

Untuk mengikuti acara SOIL TREASURE 2014, ada barang-barang yang harus dilengkapi. Rata-rata sih barang-barangnya itu untuk camping. Berhubung aku bukan anak Pramuka dan bukan anak pencinta alam, aku terpaksa menyewa peralatan-peralatan tersebut. Hanya sepatu, kemeja, senter, peralatan kecil-kecilan dan senter yang aku beli. Lumayan keluar banyak uang sih.

Acara dimulai pada tanggal 30 Mei 2014. Diawali dengan upacara pembukaan acara di Plaza Bale Pertanian Mandiri FAPERTA UNPAD. Ada banyak kejadian tak terduga disini. Barang perlengkapanku dan kelompok ketinggalan. Untung aja masih sempat ngambilnya.

Peserta SOIL TREASURE akan melakukan kegiatan di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor. Karena ini tempat camping, maka sudah pasti banyak yang lagi camping. Disamping tenda kami terdapat toilet umum yang kamar mandinya banyak. Jadi, kalo kebelet gausah susah-susah untuk nyari sungai.

Banyak kegiatan yang aku lakukan di SOIL TREASURE ini. Salah satunya adalah praktek Evaluasi Lahan. Prakteknya ini dilakukan per kelompok. Setiap kelompok diberikan alat-alat untuk mendeskripsikan tanah. Ada alat boring (untuk mengebor tanah), GPS, Clinometer (alat untuk mengukur kemiringan lereng) dan lain-lainnya. Acara ini seru. Kami mendaki bukit-bukit lalu turun. Ada enam pos yang harus disinggahi. Setiap pos akan ada pemateri di bidangnya masing-masing. Walaupun capek, disini kami mendapatkan ilmu yang sangat banyak.

Setelah melakukan Evaluasi Lahan, malam harinya kami melakukan presentasi dengan data yang kami dapatkan sewaktu praktek. Acara berjalan cukup serius. Ada para juri yang menilai kami.

Pada tanggal 1 Juni 2014 sekitar pukul 5 pagi, peseta SOIL TREASURE 2014 dilantik menjadi anggota muda HIMATAN. Aku dan teman-teman lainnya diberi syal HIMATAN. Setelah proses pelantikan, kami balik ke tenda dan diberi waktu istirahat.

Sekitar jam 9-an, ada acara seru-seruan yang dibuat oleh panitia. Kami melihat video dan foto dokumentasi dari awal kami mendaftar hingga berlangsungnya acara SOIL TREASURE. Semua peserta dan panitia tertawa!

Hingga diumumkannya ada pembacaan SOIL TREASURE AWARD 2014. Nominasi yang ada adalah Peserta Terbaik, Peserta Terdiam, Peserta Terfavorit, serta award buat kelompok. Sebelum diumumkan apa saja nominasinya, aku secara asal menebak kang Deni sebagai peserta terdiam. Alasannya simpel. Kang Deni memang betul-betul kalem :))

MC pun membacakan nominasi peserta terdiam. Sampai melihat video orang terakhir yang masuk nominasi peserta terdiam, aku melihat.... ADA NAMAKU! Apa yang terjadi? Kenapa aku bisa masuk? Padahal aku lumayan ribut.

Sampai akhirnya pembacaan pemenangnya. Karena kang Deni tidak masuk nominasi, aku menebak Adit, teman sekelasku yang bakal memenangkannya. Namun, takdir berkata lain. Akulah yang memenangkannya. Sumpah, aku bingung. Antara senang dan sedih. Ini adalah award pertamaku, tapi kenapa sekalinya dapet malah begini... Ah sudahlah. Yang penting aku dapet makanan sebagai hadiahnya :))





Kenapa harus dipilih muka yang seperti ini -__-
Selendang Miss Universe
Syal HIMATAN
Setelah pembacaan award, kami melakukan upacara penutupan. Upacara berlangsung khidmat. Dengan berakhirnya upacara, maka SOIL TREASURE 2014 pun ditutup dan kami telah resmi menjadi anggota muda. Para peserta juga dibagikan sertifikat karena telah mengikuti SOIL TREASURE 2014. Semoga dengan menjadi keluarga baru HIMATAN, aku bisa berkontribusi banyak disini.



SOIL! SOLID!