Akhir Dari Perjalanan Kuliah

4 Mei 2017,
Saya resmi menjadi beban negara.

Kata orang-orang, wisuda adalah puncak dari sebagian kebahagiaan setelah menyelesaikan studi. Saya senang melihat kedua orangtua saya datang melihat saya akan di wisuda. Akhirnya saya berhasil menyelesaikan studi dan tanggung jawab saya. Tapi, saya rasa kebahagiaan ini hanya semu. Karena,

The real life has just begun...
Bahagia telah di wisuda dampaknya hanya pada hari wisuda itu saja.

Sampai saat ini, saya masih bingung mau ngapain ke depan. Apakah saya mau kerja atau lanjut studi S2. Kalau saya kerja, saya sudah sepenuhnya mandiri. Kalau saya kuliah, setidaknya status saya masih mahasiswa.

Tapi, saya menyerahkan itu semua kepada Allah SWT saja. Saya sudah mulai melamar-lamar kerja, sembari itu saya juga bersiap-siap untuk melanjutkan S2.

Jadi, wisuda bulan Mei bisa dibilang salah satu hari terbaik dalam hidup saya. Selain karena orangtua saya yang datang untuk menyaksikan anaknya di wisuda, saya merasa bahagia ketika teman-teman saya datang di hari saya diwisuda.

We called it "SAHABAT PAKCOY"

My Brothers

Rahmat dan Isan, teman seperjuangan penelitian
Bidadari (?)
Teman-teman dari Agroteknologi F!
Rasanya, waktu berlalu begitu cepat ya. Padahal sekitar empat tahun yang lalu saya baru daftar ulang di kampus ini. Bergabung di kelas Agroteknologi F yang selalu kompak dalam hal melobi dosen. Menemukan sahabat seperti Isan, Adit, Alvin, Dhany, dan Lamza. Bergabung di Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan (HIMATAN) yang awalnya saya hanya ikut-ikut teman saja dalam bergabung di himpunan ini hingga saya dipercaya menjadi Kepala Departemen Relasi, Informasi, dan Media Komunikasi (RIMK). Kerja bareng Fajar, Dewi, Inne, Ebi, Melani, Fidya, Zaky, dan Yogi di kepengurusan tahun 2015/2016 HIMATAN. Diajak Rahmat masuk ke tim penelitian bu Maya. Menemukan sahabat baru yang dinamakan "SAHABAT PAKCOY" yang terdiri dari saya, Isan, Rahmat, Adit, Alvin, Ebi, dan Dewi. Hingga akhirnya, saya resmi keluar dan menjadi alumni dari Universitas Padjadjaran.

Di hari saya wisuda, saya mendapat banyak bunga dan banyak bingkisan. Saking banyaknya, tangan yang hanya ada dua ini tidak bisa memegang semuanya. Alhasil, saya meminta bantuan Ebi dan Dewi untuk membantu memegangnya.

Berikut beberapa hadiah yang paling saya notice, karena unik:

Dari Sri


Wah, gak nyangka Sri ngasih saya beginian. Sri itu dulu salah satu anggota di departemen RIMK HIMATAN ketika saya masih menjabat sebagai kepala departemen. Dua hari sebelum wisuda sih dia tiba-tiba minta foto saya yang HD. Ternyata saya dibuatin vector yang lucu kayak gini. Terimakasih Sri! Semoga bisnis vector-nya lancar :))

Dari Dewi


Gila gila gila, Dewi ngasih beginian! Dia ngasih kotak berbentuk hati kepada 'SAHABAT PAKCOY' yang diwisuda yaitu saya, Rahmat, dan Isan. Kotak yang dikasih Dewi ini kalau dibuka isinya ada beberapa lembaran kertas yang berisikan tulisan, dibumbui oleh glitter blink blink berwarna hijau (warna kesukaannya) dan ada sebuah permen Fox (harus permen Fox, karena dia ngaku-ngaku Megan Fox. Hahaha).

Katanya, dia buat tulisan-tulisan terus ngedekor kotak itu jam dua pagi. So sweet kan. Sederhana sih, tapi bermakna. Apalagi tulisan-tulisannya buat makin semangat. Terimakasih Dewi Dahliani jatuh dari surga dihadapanku eaaa. Ciee yang besok ulang tahun.

Yuk lanjut S2 bareng~

Dari Ebi dan Adit



Akhirnya, Ebi gak malas buat nulis lagi!
Akhirnya, dia ngasih kalimat yang bermakna, gak hanya kalimat-kalimat sampah. Hahaha. Tapi, si Ebi kalau ngasih hadiah pasti selalu sama orang lain. Ini dia lagi feat sama Adit.

Sebenarnya, yang dikasih Ebi sama Adit gak cuma surat kok. Ada makanannya. Tapi, makanannya udah habis dimakan oleh papa saya waktu di perjalanan menuju Jakarta setelah wisuda.

Terimakasih Ebi, semoga cepat jadian sama cowok yang masuk ke dalam mimpi kamu.
Terimakasih Adit, semoga mengurangi frekuensi dalam mem-PHP wanita.

Dari Cindy


Cindy ini teman saya sejak SMA. Dia kuliah di HI Unpas. Walaupun jarak Jatinangor dengan Bandung dekat, bukan berarti kami sering ketemu. Bahkan, kami berjumpa ketika di Bandung itu kurang dari lima kali.

Dia juga udah sarjana. Waktu saya keluar dari gedung tempat prosesi  wisuda, dia menelpon saya. Katanya dia gak bisa datang karena hujan deras. Tapi ternyata ujung-ujungnya dia datang juga ke Unpad. Hahaha.

Cindy ngasih paper bag berwarna hijau (warna kesukaan saya) yang di dalamnya terdapat sebuah buku tentang pariwisata Indonesia, senter yang ada logo The Flash dan sebuah amplop yang berisi surat.

Di suratnya dia bilang kalau sebenarnya dia mau ngasih figuran The Flash. Tapi, karena susah nyarinya dan harganya mahal, dia malah ngasih senter yang ada logo The Flash-nya. Ya sama sih. Bahasa Inggris dari senter emang The Flash.

Yang paling keren sih dia ngasih buku tentang pariwisata di Indonesia keluaran Kementrian Pariwisata. Katanya, karena aku ini salah satu duta wisata jadinya dia ngasih buku itu. Sumpah, ini buku keren abis!

Makasih Cin! Kalo jadwal wisuda udah keluar, bilang-bilang ya.

Dari Pengurus Inti HIMATAN


Fajar, Ebi, Dewi, Fidya, Melani, Zaky, Melani, Yogi, makasi atas hadiah mozaik yang keren ini. Mozaik ini terbuat dari foto-foto para pengurus inti HIMATAN diacara Snapshot. Gambar mozaik ini bakal aku bawa kemanapun aku pergi. Bahkan, jika saya sudah berumah tangga nanti, mozaik ini akan saya pasang di kamar saya.

Dari Risqi


Risqi, sang bapak kordes KKN akhirnya ngasih desainnya secara cuma-cuma. Biasanya, dia selalu promosiin studio desainnya yang bernama "Rely" dengan harga yang sangat mahal. Gak nyangka qi dikasih gratis ginian. Semoga studio desainnya laku ya. Nih udah di promosiin di blog :))

Dari Fidya


"Selamat wisuda bal! Semoga selalu diberikan kelancaran dalam segala urusanmu"
Jawab:
Makasih f*dya. Hehe. (Harus ada hehe-nya)

Jangan ngaku-ngaku bidadari lagi ya di grup 'INTI SAMAWA'. Karena, yang bidadari itu cuma Dewi dan Inne. Terakhir dari aku,

Hehe.

Dari Vero


Ini unik banget!
Bunganya terbuat dari kancing dan karton. Niat banget ya ver. Hahaha.

Makasih vero!

---=---
Dari IG Stories

Tolonglah Dew. Masih mau dapet jodohkan? wkwk

Manjimat!
Thank you Zur udah jauh-jauh dateng dari Jakarta
Sebenarnya ini dari video sih... Thanks Ven!
Saya sudah lama gak stand up Din...
Kami bukan homo ya.
Thank you Cin! Akhirnya bela-belain datang ya walaupun hujan :))

Semua orang pasti akan mengalami lika-liku kehidupan. Termasuk saya yang sekarang sedang bingung-bingungnya setelah lulus dari kuliah. Tak hanya itu, teman-teman dekat kita yang selama ini sering kita jumpai, pada waktunya nanti juga akan susah untuk kita jumpai.

Saya jadi teringat kutipan dari film Marmut Merah Jambu karya Raditya Dika:
“Hidup penuh dengan ketidakpastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti”  (Manusia Setengah Salmon – Raditya Dika)
Yang saya harapkan, walaupun kita sudah saling jauh akan jarak, semoga kita tetap saling mengontak satu sama lain  ya teman-teman. Karena, perpindahan ini hanya tinggal menunggu waktu saja.

Dan, postingan blog ini merupakan postingan dengan label kuliahan terakhir saya.

No comments:

Post a Comment